Latest News

Relawan Kelas Inspirasi Kudus Akan Mengajar di 12 Sekolah Pelosok Gebog

SEPUTARKUDUS.COM, ALUN-ALUN – Sejumlah orang mendatangani kain putih yang dibentangkan di Alun-alun Kudus, Minggu (22/5/2016). Beberapa orang juga terlihat memberikan selebaran kepada warga yang sedang berolahraga saat Car Free Day itu. Mereka yang bertanda tangan akan ikut menjadi relawan Kelas Inspirasi Kudus yang akan dilaksanakan 29 Agustus 2016 di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.

kelas inspirasi kudus
Sejumlah orang sedang menandatangi keikutsertaan menjadi relawan kelas inspirasi Kudus saat Car Free Day di Alun-alun Kudus, Minggu (22/5/2016). Foto: Imam Arwindra

Kordinator Kelas Inspirasi Kudus, Hanifah (27), menjelaskan, saat Car Free Day dia membuka stan pendaftaran untuk masyarakat Kudus yang ingin menjadi relawan. Mereka akan menjadi inspirator dan dokumentator di 12 sekolah di Kecamatan Gebog, Kudus. “Kami membuka pendaftaran dari 22 Mei 2016 hingga 30 Juni 2016,” ungkapnya.

Hanifah menambahkan, gerakan ini di bawah naungan Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar yang dipelopori oleh Anies Baswedan tahun 2012, yang sekarang Mentri Pendidikan Dasar dan Menengah. Sudah lebih dari 50 daerah yang sudah menjalankan Kelas Inspirasi ini.

“Pencetusnya Pak Anis Baswedan sebelum menjadi menteri. Sekarang digantikan oleh Pak Hikmad Hardono,” tambah dia yang asli Kelurahan Purwosari, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus.

Dia menuturkan, kelas inspirasi Kudus tidak mengajar matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia atau pelajaran sekolah. Para relawan akan memperkenalkan profesinya supaya anak-anak di daerah di daerah terpacu untuk mengejar cita-citanya.

“Para relawan nanti tidak mengajarkan mata pelajaran sekolah seperti matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan sebagianya. Mereka akan menginspirasi anak-anak lewat profesi pekerjaannya,” jelasnya.

Hanifah mentargetkan, Kelas Inspirasi di Kudus akan diikuti 200 relawan inspirator dan 100 relawan dokumentator. “Kami sudah bekerjasama dengan UPT Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Gebog. Semoga nanti banyak masyarakat Kudus yang meluangkan satu hari untuk berbagi pengalaman di Kelas Inspirasi Kudus,” ungkapnya.

Dia memberitahukan, pendaftaran menjadi relawan masih dibuka sampai 30 Juni 2016 dengan mengunjungi satn pendaftaran saat Car Free Day setiap Minggu. "Selain itu bisa membuka web www.kelasinspirasikudus.org. Sehari menginspirasi selamanya terinspirasi dan memberi arti,” tuturnya.