Latest News

Ke 'Surga' Rahtawu Cukup Hanya dengan Uang Rp 2 Ribu

SEPUTARKUDUS.COM, RAHTAWU - Suara klakson terdengar dari mobil pikap warna hitam yang terparkir di depan Blok 1 Rusunawa Kudus, Kamis (5/5/2016) pagi. Suara tersebut memanggil rombongan warga Rusunawa Kudus, agar segera berkumpul. Hari itu mereka akan berwisata ke air terjun Kalibanteng, Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog.
air terjun kalijodo rahtawu kudus
Warga Rusunawa Kudus menikmati air terjun Kalijodo, Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kudus, beberapa waktu lalu.

Warga yang akan berwisata sekitar 15 orang. Waktu libur long week end tersebut dimanfaatkan untuk menikmati keindahan alam Rahtawu bersama keluarga. Meski libur panjang, mereka tetap berwisata di dalam daerah. Selain karena murah, Kudus menyimpan banyak tempat wisata yang indah dan begitu banyak dikunjungi.

"Kami memilih berwisata ke Rahtawu, selain karena murah, lokasi wisata air terjun di Rahtawu juga sangat indah. Kami bisa memberikan edukasi bagi anak-anak untuk mencintai lingkungan," ujar Agus yang saat itu berangkat bersama istrinya. 

Lokasi wisata yang dituju berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota. Wisatawan bisa melalui jalur pusat kota ke arah Desa Gebog, hingga menemui gapura Desa Wisata Rahtawu. 

"Alasan kami memilih untuk menggunakan kendaraan bak terbuka, kami ingin bisa menikmati pemandangan alam pegunungan di Rahtawu selama perjalanan. Selain air terjun, Desa Rahtawu juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah," tutur Agus.
wisata desa rahtawu
Rombongan warga Rusunawa Kudus sampai di Desa Wisata Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kudus. 

Lelah menempuh perjalanan terbayar saat warga Rusunawa Kudus melihat jernihnya air terjun Kalibanteng, tak jauh dari gapura masuk ke arah petilasan Abiyoso. Lokasi air terjun tersebut masih sangat bersih dan dikelilingi pepohonan yang tampak hijau.

"Untuk masuk ke lokasi air terjun kami hanya membayar Rp 2 ribu per orang. Ini sangat murah jika dibanding dengan lokasi air terjun di Colo," ungkap Agus yang juga Ketua Paguyuban Warga Rusunawa Kudus.

Sesampainya di lokasi air terjun, anak-anak tampak gembira dan langsung menceburkan diri ke curug di bawah air terjun. Sementara itu, orang tua mereka asyik menikmati pemandangan dan mengamati anak mereka.


Menurut Agus, selain air terjun Kalibanteng, di lokasi yang sama juga terdapat air terjun lain yang tak kalah indah, yakni Kalijodo. Lokasinya berada di atas air terjun Kalibanteng. Untuk menuju ke sana, wisatawan harus menapaki bebatuan searah dengan aliran air terjun Kalibanteng.