Latest News

RMP Sosrokartono, Pahlawan yang Terlupakan (5-Habis)

SEPUTAR KUDUS - Komplek makam RMP Sosrokartono
Persemayaman Terakhir di Makam Sido Mukti Kudus
SEPUTAR KUDUS - Pada tanggal 8 Februari 1952, Sosrokartono wafat di kediamannya, Jalan Pungkur Nomor 7, Bandung. Pada  keesokan harinya, jasad Sosrokartono diterbangkan ke Semarang, kemudian disemayamkan untuk terakhir kalinya di Kompleks makam Sido Mukti, Jalan Sosrokartono, Kaliputu, Kudus. 

Menurut Juru Kunci makam Sedo Mukti, Sunarto (53), makam yang dia jaga itu awalnya merupakan  tanah pemberian pemerintah Hindia Belanda kepada Aryo Condro Negoro, Bupati Kudus ke 3 yang juga kakek buyut  Sosrokartono. Tanah seluas dua hektar itu kemudian menjadi makam keluarga. 

Sunarto menambahkan, tanah tersebut diberikan karena jasa besar Aryo Condro Negoro yang telah berhasil memakmurkan masyarakat Kudus dan melepaskan masyarakat dari masa Pageblug atau krisis pangan. Semua keluarga, kerabat dan menantu Aryo Condro Negoro kemudian dimakamkan di kompleks makam tersebut, termasuk keluarga Sosrokartono. 

"Namun beberapa keluarga lain yang mempunyai suami di luar Kudus biasanya dimakamkan ikut dengan suaminya, seperti RA Kartini yang dimakamkan di Rembang. Bu Muryati Sudibyo (Pendidiri Mustika Ratu) yang memiliki garis keturunan Aryo Condro Negoro juga direncakan tidak dimakamkan disini, melainkan ikut suaminya di Jawa Barat," ujar Sunarto.

Sunarto sangat menyayangkan masyarakat yang telah melupakan jasa besar Sosrokartono terhadap bangsa ini. Bahkan, masyarakat tidak pernah mau mencari tahu kenapa jalan di samping makam ini dinamakan Jalan Sosrokartono. Ia berharap sosok Sosrokartono diangkat kembali, khususnya bagi Pemerintah Daerah Kudus agar tidak melupakan jasa besar yang dilakukan oleh keluarga besar Condro Negoro. (Mase Adi Wibowo)


Artikel terkait:
Sosrokartono (1) Mahasiswa pribumi pertama belajar di luar negeri
Sosrokartono (2), seoarang jenius menguasai 27 bahasa
Sosrokartono (3) simbol kebangkitan intelektual
Sosrokartono (4) kemabali ke Indonesia
Sosrokartono (5-habis) jenazahnya disemayamkan di Kudus