Latest News

Koleksi Puluhan Motor Antik, Sekaligus Ladang Bisnis (1)

SEPUTAR KUDUS-Hobi yang satu ini memang sangat mahal. Bagaimana tidak, di sebuah show room yang terletak di Jalan Kudus Pati, Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus itu, Saifullah (43) memampang sekitar 70 motor antik berbagai merek, yang bernilai miliaran rupiah. Selain sebagai hobi, dirinya menjadikan kegemarannya itu sebagai ladang bisnis.

Saifullah telah mengoleksi motor antik sejak tahun 1988. Berbagai merek motor terkenal ia koleksi di show room yang juga dilengkapi bengkel perawatan. Di antaranya, BMW, BSA, Sun Beam, Royal Envielet, Honda, Yamaha, dan bermacam merek lainnya.

"Koleksi motor tua yang saya miliki ini, keluaran tahun 1930 hingga tahun 1970," ujar Sifullah, saat ditemui di show room miliknya, Rabu (4/1) kemarin.

Menurut Saifullah, koleksi terbanyak adalah motor dengan merek BMW dan BSA. Dia mendapatkan motor tersebut, dari kolektor yang ada di Jawa, di antaranya, Surabaya, Semarang, Jakarta dan lainnya. Selain di Jawa, dia juga mendapatkan motor-motor antik lainnya di Sumatera.

Motor-motor antik koleksinya itu, menurut Saifullah, masih terjaga keaslian komponen dan bagian-bagian motor lainnya, termasuk mesin dan chasisnya. Untuk menjaga dan merawat puluhan motor tersebut, dia mempekerjakan empat orang karyawan, yang setiap hari memanasi mesin motor, dan membersihkannya.

"Ada beberapa motor lain yang sparepartnya sudah saya ganti. Itu karena, ada beberapa motor yang saya dapatkan dalam kondisi rongsokan. Kami merangkai kembali rongsokan motor tua itu, dan menambahkan sparepart yang telah hilang, dengan membuat komponen sendiri, di bengkel yang saya miliki," ujar pria berkacamata tersebut. (Suwoko)