Latest News

Kakek Tiga Cucu Asal Pati Ini Setiap Hari Bawa Garam dari Juwana Pakai Motor Butut ke Kudus untuk Dijual

SEPUTARKUDUS.COM, WERGU KULON - Seorang pria berkaus lengan panjang memarkirkan sepeda motor usang di Jalan Johar, Kelurahan Wergu Kulon, Kecamatan Kota, Kudus, tidak jauh dari Pasar Johar. Di jok motornya terlihat bojok dipenuhi ratusan bungkus garam beryodium. Pria pemilik motor itu bernama Sahlan (53), pemasok garam beryodium kepada para pedagang pasar di Kudus.
jual garam beryodium
Sahlan menawarkan garam beryodium di Jalan Johar, Kudus. Foto: Rabu Sipan


Seusai memarkir motor bututnya itu, Sahlan mengangakat beberapa garam untuk diantar ke pedagang langgananya di Pasar Johar. Setelah selesai Sahlan Sudi berbagi kisah tentang penjualan garam beryodium tersebut kepada Seputarkudus.com. Dia mengatakan mulai berjualan garam beryodium di Kudus sejak 15 tahun silam. 

Selama waktu tersebut, setiap berangkat dia berusaha mengangkut garam sebanyak mungkin. Itu dilakukan agar penghasilan yang didapat bisa maksimal. Namun beberapa kali rangka motor yang dikendarainya patah.

“Meski beberapa kali rangka besi motorku patah aku tidak pernah kapok untuk memenuhi bojok dengan garam beryodium, untuk aku antar kepada para pedagang di beberapa pasar di Kudus. Karena jika aku mengurangi jumlah garam yang aku bawa, penghasilanku juga berkurang,” ujar Sahlan, beberapa waktu lalu.



Pria yang berasal dari Wedarijaksa, Pati, mengaku selama memasok garam beryodium ke Kudus dirianya sudah empat kali mengganti motor. Menurutnya motor yang dia bawa sekarang paling awet, karena bertahan hingga lima tahun. Meski begitu, motor itu pernah beberapa kali patah rangka. Setiap kali patah, dia langsung membawanya ke bengkel untuk dilas. Keesokan harinya, motor tersebut langsung digunakan lagi tanpa rasa waswas.

Sahlan mengatakan, dengan sepeda motornya itu, dirinya maksimal hanya mampu mengangkut sekitar tiga kwintal garam beryodium. Garam itu dia beli dari pabrik di Juwana, Pati. Dia mengatakan, sebenarnya ingin sekali bisa membawa garam lebih banyak agar penghasilanya bertambah. Bahkan untuk merealisasikan keinginanya tersebut dia pernah membeli motor roda tiga.

“Agar bisa membawa garam beryodium lebih banyak ke Kudus, aku pernah menggunakan Tosa. Dengan Tosa aku bisa mengangkut tiga kali lebih banyak garam dari pada menggunakan sepeda motor. Namun karena aku kurang mahir mengoperasikan kendaraan roda tiga, sering hampir nabrak dan menyerempet kendaraan lain. Akhirnya Tosa tersebut aku jual kembali,” ujarnya.



Pria yang sudah dikarunai tiga cucu itu mengatakan, menjual garam beryodium kepada para pelangganya dengan harga Rp 1.500 sebungkus. Harga tersebut untuk jenis garam batu. Sedangkan garam beryodium jenis bubuk dia jual seharga Rp 7500 per bungkus. Dia mengaku sudah mempunyai sekitar 70 pelanggan yang merupakan para pedagang di beberapa pasar di Kudus.

“Dari menjual habis garam beryodium kepada para pelanggan, aku mendapatkan penghasilan sekitar Rp 200 ribu sehari. Dan aku bersyukur dengan memasok garam beryodium ke Kudus kebutuhan keluargaku selalu tercukupi,” ujarnya.