Latest News

Bengkel Enggal Motor, Bengkel Khusus Motor Roda Tiga Pertama dan Satu-Satunya di Kudus

SEPUTAR KUDUS.COM, JANGGALAN - Di tepi barat Jalan Kiai Telingsing Desa Janggalan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, tidak jauh dari perempatan Menara Kudus tampak tiga kendaraan roda tiga terparkir di depan ruko. Di samping dua dari tiga kendaraan tersebut tampak dua orang sedang membongkar mesin kendaraan bermotor itu. Di dalam ruko tampak meja etalase yang dipenuhi dengan onderdil motor. Ruko tersebut yakni bengkel Enggal Motor.
bengkel motor roda tiga
Bengkel Enggal Motor, bengkel yang khusus melayani perbaikan motor roda tiga di Kudus. Foto: Rabu Sipan


Menurut Dany Arieyanto (35) selaku pengelola bengkel tersebut menuturkan, bengkel Enggal Motor didirikan bosnya pada 25 tahun silam untuk begkel motor roda dua. Namun 15 tahun terkahir tepatnya sekitar  tahun 2000 bengkel tersebut beralih fungsi menjadi bengkel khusus untuk perbaikan kendaraan roda tiga.

“Sebenarnya Enggal Motor merupakan bengkel motor kendaraan roda dua. Namun sejak ada kendaraan roda tiga dengan bak terbuka masuk Kudus, bosku lalu memutuskan untuk mengubah Enggal Motor sebagai bengkel Khusus kendaraan roda tiga. Karena selain prospeknya lebih menjanjikan, bengkel milik bosku merupakan bengkel kendaraan roda tiga pertama di Kudus,” ujar pria yang akrab disapa Arie kepada Seputarkudus.com

Pria yang tercatat sebagi warga Desa Burikan itu mengatakan, karena bengkel bosnya tersebut merupakan bengkel pertama di Kudus, sekarang sudah memiliki banyak pelanggan. Bahkan pelangganya tidak hanya dari Kudus, melainkan dari daerah di sekitarnya, di antaranya, Jepara, Demak serta Pati.



“Biasanya mereka yang datang dari daerah tetangga, kendaraan roda tiga atau biasa disebut bajai dulunya membelinya dari diler milik bosku. Karena memang bosku bertujuan mengalih fungsikan bengkel Enggal Motor dari perbaikan motor roda dua ke kendaraan roda tiga, karena selain masih minim pesaing juga sebagai penunjang layanan servis bagi pembeli kendaraan roda tiga dari dilernya,” ujarnya

Dia menuturkan, para pemilik kendaraan roda tiga yang sudah pernah memperbaiki kendaraanya di bengkel Enggal Motor,  biasanya mereka langsung cocok dengan servis serta pelayanan yang diberikan. Karena menurutnya kepuasan para pelanggan adalah motto dari bengkel Enggal Motor.

Pria yang sudah ikut kerja dengan pemilik bengkel Enggal Motor selama belasan tahun itu mengatakan, saat ramai bengkel Enggal Motor bisa memperbaiki kendaraan roda tiga lebih dari sepuluh unit sehari. Namun saat sepi kata dia, sehari paling hanya ada lima unit yang perlu diperbaiki.

Pria yang sudah dikaruniai dua anak tersebut mengaku selain servis dan bongkar mesin. Di bengkel Enggal Motor juga menjual aneka onderdil untuk kendaraan roda tiga. Dia mengatakan, bengkel Enggal motor buka dari hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 8.30 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

“Di bengkel Enggal Motor hanya melayani servis dan perbaikan mesin serta kelistrikan motor.  Tidak menerima perbaikan kerusakan bak, dan bodi dari kendaraan tersebut. Dan untuk menunjang aktifitas servis dan perbaikan mesin, Enggal Motor mempekerjakan dua mekanik mesin yang sudah berpengalaman,” ujarnya.