Latest News

Seperti Si Bolang, Mahasiswa Baru STAIN Kudus Kenakan Ikat Leher Aneka Warna

SEPUTARKUDUS.COM, STAIN – Ribuan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus membubarkan barisan usai apel pagi di lapangan Kampus Barat STAIN Kudus. Suara dari pengeras memberikan instruksi kepada mereka agar menuju ke gedung sesuai dengan jurusan. Mereka mengenakan ikat leher warna hijau, kuning, merah,  dan biru sesuai dengan jurusannya.
Mahasiswa baru STAIN Kudus mendapat pengarahan dari ketua jurusan. Foto: Imam Arwindra


Menurut Zahrotul Anisa, Panitia Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) yang juga Ketua Dewan Mahasiswa (Dema) STAIN Kudus, di STAIN Kudus terdapat empat jurusan yakni Tarbiyah, Syariah dan Ekonomi Islam, Usuluddin serta Dakwah dan Komunikasi. dalam OPAK 2016, mereka dibedakan dengan warna ikat leher.

Dia menyebutkan, ikat leher hijau untuk Jurusan Tarbiah, kuning Dakwah dan Komunikasi, merah Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam, terakhir biru untuk mahasiswa Usuluddin. “Tahun ini beda dengan tahun lalu, seperti Bolang (acara Bocah Petualang di Trans 7) megenakan ikat leher,” tuturnya.

Anisa memberitahukan, STAIN Kudus tahun 2016 menerima 1.935 mahasiswa dari 2.112 yang mendaftar. Mereka masuk dari tiga jalur yakni Prestasi Akademik (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Nasional dan jalur Ujian Masuk Mandiri. “Dari SPAN-PTKIN dan Ujian Masuk Nasional ada 555 mahasiswa sisanya lewat ujian masuk mandiri,” terangnya.

Sementara itu, ribuan mahasiswa baru didampingi beberapa orang berjas coklat menuju ke dalam gedung. Menurut Muhamad Yusro, Ketua OPAK mahasiswa baru STAIN Kudus, mereka diarahkan ke gedung untuk mengikuti pengarahan akademik dan kemahasiswaan di masing-masing jurusan. 

“Mahasiswa baru akan tahu secara detail jurusan yang sudah mereka pilih. Agar mereka dapat fokus dan merencanakan akademiknya,” ungkapnya kepada Seputarkudus.com, Senin (15/8/2016)

Yusro menjelaskan, OPAK di STAIN Kudus dilaksanakan empat hari, mulai Minggu (15/8/2016) hingga Rabu (17/8/2016). Untuk hari kedua, menurutnya, diisi dengan sosialisasi jurusan. “Yang mengisi ketua jurusan. Pembicaraannya seputar akademik dan informasi kemahasiswaan,” terangnya.