Latest News

Sebelum Jadi Ruko, Lokasi Ini Pernah Berdiri Gedung yang Menjadi Saksi Banyak Peristiwa Bersejarah

SEPUTARKUDUS.COM, WERGU KULON Jarum jam menunjukkan pukul 08.00 WIB saat kendaraan mulai memadati tempat parkir Ruko Ahmad Yani di sisi timur Jalan Jendral Ahmad Yani. Ruko dua lantai itu tepat di depan Bank Negara Indonesia (BNI) Gang Empat, Kelurahan Wergu Kulon, Kecamatan Kota, Kudus. Lokasi ruko tersebut pernah berdiri Gedung Pemuda yang menjadi saksi banyak peristiwa bersejarah di Kudus.
Ruko Agus Salim Bekas Gedung KNPI Kudus
Ruko Agus Salim, Jalan A Yani, Kudus, lokasi yang dulu berdiri Gedung Pemuda. Foto: Imam Arwindra


Ruko tersebut banyak digunakan sebagai perkantoran. Di antaranya sejumlah bank, yakni Panin Bank, Bank Ekonomi, Mandiri Syariah, Bank CNB, Bank Mega dan Bank Muamalat. Menurut sejarahwan Kudus Eddy Yusuf, kawasan ruko tersebut dulunya kawasan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang diambil alih oleh Kesatuan Aksi Pelajar Indonesia (KAPI) dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI). 

“Dulu daerah tersebut (kawasan ruko) kantor PKI. Namun sekitar tahun 1966 direbut oleh KAPI dan KAMI,” tutur Eddy kepada Seputarkudus.com, saat ditemui di kediamannya belum lama ini.

Menurutnya, saat itu terjadi konflik dan PKI dianggap berbahaya bagi keamanan nasional. Setelah direbut, kantor PKI dijadikan Gedung Pemuda. “KAPI dan KAMI menjadikan Gedung PKI tersebut menjadi Gedung Pemuda yang digunakan untuk perkumpulan pemuda di Kudus,” terangnya.
gedung KNPI di kawasan gor wergu kudus

Pada tahun 1973, kata Eddy, lahir organisasi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pada zaman pemerintahan Presiden Soeharto. Dan gedung tersebut kemudian digunakan untuk kantor KNPI. “Dulu anggota PKI sebagian besar dari etnis Tionghoa,” ungkapnya.

Eddy menjelaskan, para etnis Tionghoa yang ikut PKI saat itu populer dengan sebutan Congwa-Congwe. “Kawasan tersebut juga terdapat Baperki (Badan Permusjawaratan Kewarganegaraan Indonesia),” tambahnya.

Dia yang juga mantan anggota DPRD era revormasi menuturkan, pada masa Bupati Kudus Tamzil, Gedung KNPI dipindang di kawasan Gor Wergu Wetan. Gedungnya berdekatan dengan stadion Wergu Wetan. “Bupati Tamzil memimpin Kudus tahun 2003-2008,” tuturnya.

Berdasarkan pantauan Seputarkudus.com, di sebelah timur kawasan tersebut terdapat gedung olahraga serbaguna dan stadion bola. Sisi barat gedung terdapat kolam renang, puskesmas dan kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kudus.

SD 3 Mlati Kudus Kudus Bekas Gedung Pemuda
Tahun 2016, Kantor KNPI pindah di timur Taman Krida Kudus yang dulunya yakni SD 3 Mlati Kidul yang sudah tutup. Dikutip dari Wikipedia, KNPI yakni organisasi kepemudaan yang awalnya merupakan gabungan dari kelompok Cipayung. 

Organisasi ini lahir melalui Deklarasi Pemuda Indonesia pada hari yang sama dengan maksud menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan kesadaran sebagai suatu bangsa yang merdeka dan berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Di Kudus tahun 2016 KNPI  di ketua oleh Mas’an yang juga Ketua DPRD Kabupaten Kudus.