Latest News

Berkeliling Sepeda, Penyedia Jasa Salon Hewan Ini Siap Manjakan Peliharaan Anda

SEPUTARKUDUS.COM, WERGU WETAN - Di tepi Jalan Johar tepatnya di Desa Wergu Wetan, Kecamatan Kota, Kudus, terlihat sebuah sepeda terparkir yang tergandeng dengan sebuah gerobak di belakangnya. Di atas gerobak tampak sebuah boks plastik bergambar anjing dan kucing. Sepeda tersebut milik Yosep Sunarto (42) pemilik usaha salon hewan di Kudus.

salon hewan kucing dan anjing di kudus
Yosep Sunarto, pemilik usaha salon hewan di Kudus. Foto: Rabu Sipan

Tidak jauh dari sepeda tersebut Yosep Sunarta tampak duduk istirahat di sebuah trotoar. Di sela istirahanya pria yang biasa disapa Yosep tersebut berbagi kisah tentang usahanya tersebut kepada Seputarkudus.com.
Yosep menceritakan, dirinya memulai usaha salon hewan pada Desember 2013. Itu dilakukannya setelah berhenti bekerja pada seorang dokter hewan bernama Agustina Sasmita di Perumahan Umum Mulya.

“Sebenarnya aku sudah  sekitar 10 tahun bekerja ikut dokter hewan, mulai 2002 dan berhenti bekerja pada tahun 2013. Karena pada waktu itu ada masalah aku memutuskan keluar dari kerjaan tersebut. Setelah keluar dua hari kemudian aku langsung membuat usaha salon hewan keliling,” kata Yosep, beberapa waktu lalu.

Warga Desa Ploso, Kecamatan Jati, Kudus, mengungkapkan, salon hewan panggilan miliknya tersebut tidak melayani obat medis. Dia mengaku hanya melayani perawatan nonmedis.

“Tarif perawatan hewan di antarnya mandi untuk kucing Rp 35 ribu per ekor, untuk mandi anjing tarifnya Rp 35 ribu sampai Rp 60 ribu tergantung jenis anjingnya. Sedangkan untuk potong rambut tarifnya Rp 40 ribu,” urai pria yang memiliki dua anak tersebut.

Yosep menambahkan selain layanan di atas, dia juga melayani gimbal bulu yang harganya disesuaikan dengan jenis hewan serta gaya gimbalnya. Sedangkan untuk obat kutu juga ditentukan permintaan mereknya.

Selain usaha salon hewan panggilan, dia juga menerima penitipan khusus kucing. Untuk tarif penitipan kucing dibebani biaya Rp 20 ribu sehari dan makanan untuk kucing ditanggung pemilik hewan. Di rumahnya bisa menampung sekitar 60 ekor kucing sekaligus.

Di sela obrolanya, sesekali Yosep membalas sapaan beberapa warga Tionghoa yang melintas di Jalan Johar. Dia lalu memberitahukan bahwa beberapa warga Tionghoa tersebut adalah para pelanggan yang memakai jasanya untuk perawatan anjing mereka.

Yosep menuturkan selama ini semua layanan pekerjaan di salon hewan panggilan dia kerjakan sendiri, namun terkadang dibantu istrinya. Selama sebulan dia mempunyai pelanggan rutin sekitar 150 ekor  anjing maupun kucing yang dia rawat.

Selain di Kudus, dia juga menerima panggilan perawatan kucing dan anjing di daerah di luar Kudus. Daerah tersebut di antaranya Pati, Jepara, bahkan pernah sampai Rembang. Dia juga mengatakan, bagi masyarakat Kudus dan sekitarnya yang membutuhkan jasa salon hewan panggilan bisa menghubunginya ke nomor ponsel 0856 4036 3369.