Latest News

Pasar Kliwon Kudus, Pusat Grosir Pakaian untuk Lebaran yang Selalu Penuh Sesak

SEPUTARKUDUS.COM, KLIWON - Pasar Kliwon Kudus merupakan satu di antara pusat grosir  pakaian yang ada di Jawa Tengah. Pasar yang berada di Jalan Jendral Sudirman, Kudus, itu selalu menjadi tujuan para pembeli untuk berbelanja  dalam jumlah banyak. Pasar dengan bangunan tiga lantai tersebut setiap hari selalu dipenuhi pengunjung. Apalagi menjelang Lebaran, pasar tersebut menjadi tujuan utama pedagang dari sejumlah daerah, tak hanya di Kudus.
 
pasar kliwon kudus pusat grosir pakaian
Santoso, satu di antara pedagang yang selalu berbelanja pakaian untuk dijual kembali, mengaku selalu membeli stok pakaian di Pasar Kliwon. Bila stok barang di tokonya sudah menipis, dia pasti berbelanja secara grosir di Pasar Kliwon. Untuk memenuhi pesanan pelanggan di tokonya saat Lebaran, dia sudah beberapa kali berbelanja di pasar tersebut. Selain lengkap, harga di pasar tersebut juga terkenal murah.

“Di Pasar Kliwon itu sudah terkenal dengan berbagai macam barang yang dijual dengan harga murah. Bahkan para pedagang yang membeli secara grosir tidak hanya datang dari Kudus dan sekitarnya, tetapi ada juga yang datang dari luar Jawa,” ujar Santoso kepada Seputarkudus.com, beberapa waktu lalu.

Warga Desa Berugenjang, Kecamatan Undaan, Kudus, mengatakan, di Pasar Kliwon dia sudah punya beberapa pedagang langganan. “Di kios langgananku, beberapa kali terlihat pakaian dalam karung besar sudah diberi tulisan nama dan daerah pembeli di derah luar Jawa,” kata pria yang juga berprofesi sebagai perawat kesehatan di rumah sakit swasta di Kudus.

Senada dengan Santoso, Rukyati, seorang pembeli grosir dari Purwodadi juga mengatakan, yang datang berbelanja secara grosir di Pasar Kliwon tidak hanya datang dari Kudus dan sekitarnya. bahkan banyak dari mereka yang datang dari Jawa Timur serta dari pulau seberang.

“Sebenarnya mereka yang berdagang di luar Jawa itu berasal dari Jawa, tapi sudah lama berdagang di sana. Tetanggaku juga ada yang sudah puluhan tahun berjualan pakaian di Kalimantan, barangnya dari Pasar Kliwon,” kata wanita yang membelanjakan uang Rp 7 juta untuk berbelanja pakaian di Pasar Kliwon.