Latest News

Inilah Masjid Muhammadiyah Terbesar di Kudus yang Meniru Masjid di Kalimantan

SEPUTARKUDUS.COM, GRIBIG – Masjid dengan dominan warna merah ini terletak di Jalan Raya Sudimoro, Desa Gribig, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Di depan tapak dua menara yang mengapit kubah besar dengan pengubinan berwarna merah dan putih. Terlihat jelas di bagian depan nama masjid ini, Al-Firdaus, yang diklaim sebagai masjid Muhammadiyah terbesar di Kudus.

Sebuah tulisan Arab terpampang di bagian depan, nama empat Khulafaur Rasyidin, Abu Bakar, Umar, Usman, dan Ali. Di ruang utama masjid, terlihat bagian dalam kubah berbentuk lingkaran besar dengan dominan warna kuning emas. Di kubah itu tertulis Ayat Kursi melingkar seirama bentuk kubah. 

Syuaibul Huda
Menurut Syu’aibul Huda, pengurus Masjid Al-Firdaus, masjid tersebut merupakan masjid Muhammadiyah terbesar yang ada di Kudus. Bangunan masjid menempati lahan luas sekitar setengah hektare. Arsitektur dibuat mirip dengan bangunan masjid di Timur Tengah dengan bagian depan dominan warna merah. 

“Bisa dibilang Masjid Al-Firdaus merupakan masjid Muhammadiyah tersebar di Kudus,” ungkapnya ketika ditemui Seputarkudus.com di Masjid Al-Firdaus, belum lama ini.

Masjid Muhammadiyah di Kudus
Menurutnya, dana yang digunakan untuk membangun masjid Al-Firdauh sebesar Rp 3 miliar lebih. Uang tersebut hasil dari swadaya masyarakat. “Ketua panitia pembangunanan namanya Pak Mu’arif, pemilik Profotex,” tuturnya.

Huda menjelaskan, Masjid Al-Firdaus pertama kali didirikan tahun 1960 dan direnovasi akhir tahun 2010. Menurutnya, kubah masjid mirip masjid yang ada di Kalimantan. Kubahnya berwarna merah, yang kemudian menjadi warna dominan bagunan masjid.

Masjid Muhammadiyah di Kudus
Proses penentuan bentuk dan gambar masjid, menurutnya, melalui rapat pengurus. Dia memberitahukan, Masjid Al-Firdaus pertama kali dirancang oleh seorang warga bernama Ali. Sedangkan untuk renovasi dirancang oleh Mu’arif dan Rumadi. 

“Prosesnya, arsitek mengusulkan beberapa contoh bangunan masjid. Setelah itu pengurus menentukan bentuk bangunan masjid secara musyawarah. Kebetulan yang dipilih masjid dari Kalimantan yang kubahnya berwarna merah,” terangnya.

Masjid Muhammadiyah di Kudus
Selain untuk beribadah, kata anggota DPRD Kudus dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, Masjid Al-Firdaus juga digunakan untuk kegiatan keagamaan. “Kemarin kami kedatangan Syeikh Yusif Mustafa dari Palestina, ke masjid ini. Selain untuk beribadah, Masjid Al-Firdaus juga untuk kegiatan keagamaan,” tuturnya.