Latest News

Inilah Titik Lelah Pemudik di Jalur Pantura Kudus yang Rawan Kecelakaan

SEPUTARKUDUS.COM, JATI WETAN – Lalu lalang kendaraan terlihat ramai lancar melintas di Gerbang Kudus Kota Kretek, Jati, Kudus, Kamis (30/6/2016). Kendaraan pribadi baik mobil maupun motor mendominasi kawasan yang berbatasan dengan Kabupaten Demak tersebut. Memasuki musim mudik Lebaran tahun ini, Polres Kudus telah menyiapkan sejumlah pos pengamanan di beberapa titik, yang juga bisa digunakan sebagai rest area, khususnya di titik lelah para pemudik di jalur Kudus-Pati.
 
Gerbang Kudus Kota Kretek
Sejumlah kendaraan pribadi melintas di Gerbang Kudus Kota Kretek, Kamis (30/6/2016). Foto: Imam Arwindra

Menurut Kapolres Kudus AKBP Andy Rifa’i, pada musim mudik Lebaran tahun 2016 diprediksi akan ada sekitar 2,5 juta kendaraan yang masuk Jawa Tengah. Jumlah tersebut akan terpecah di masing-masing kabupaten yang dilewati pemudik. 

“Kendaraan yang ke arah Surabaya yang melewati Kudus masih tinggi. Mereka akan banyak lewat jalan lingkar (selatan),” tuturnya ketika ditemui setelah  Apel Kesiapan Pengamanan Mudik Lebaran di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus, hari ini.

Jalan Lingkar Selatan Kudus yang pempunyai panjang sekitar 13,7 kilometer, menurutnya berpotensi terjadi banyak kecelakaan. Dia menuturkan, Jalan Lingkar Selatan dan jalur arah Jekulo merupakan titik lelah pemudik ketika melewati Kudus. “Dua titik ini rawan kecelakaan, Jalan Lingkar Selatan dan arah ke Jekulo (Jalan Kudus-Pati),” ungkapnya.
Andy mengungkapkan, pihanya sudah menyiapkan pengamanan dan rekaya lalu lintas selama Lebaran 2016. Selain, pemantauan di pos pelayanan lalu lintas juga didirikan pos pam di beberapa titik yang butuh pengamanan. “Anggota kami sudah disiapkan di titik-titik tersebut, baik di pos pelayanan, pos pam maupun mobile di lokasi untuk melakukan patroli,” terangnya.

Dia menambahkan, selain itu kepolisian juga menyiapkan spanduk-spanduk imbauan di titik-titik yang berpotensi rawan kecelakan. “Semua sudah diap nanti akan kami pasang,” tuturnya.

Andy juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk lebih berhati-hati dan menghormati pengendara lain. “Yang terpenting yakni pengguna jalan. Semoga angka kecelakaan lalu lintas tahun ini bisa menurun,” tuturnya.

Apel Siaga
Dalam Apel Kesiapan Pengamanan Mudik Lebaran yang diikuti sekitar 850 personel gabungan dari unsur Kepolisian, TNI, BPBD, Satgas dan Pramuka. Bupati Kudus Musthofa menuturkan, dalam mudik Lebaran tahun ini keamanan perlu ditingkatkan. “Supaya pemudik yang menuju ke Kudus atau melewati aman dan nyaman,” tuturnya.

Pihaknya akan terus memantau dan berkoordinasi dengan satuan tugas yang bersangkutan supaya pemudik tahun ini bisa merayakan Lebaran dengan nyaman bersama keluarga.