Latest News

Ternyata Kemeja Hitam Upacara Ngaben di Bali Dipesan dari Padurenan Kudus

SEPUTARKUDUS.COM, GEBOG - Tumpukan kemeja hitam tertata rapi di ruang tengah rumah dua lantai milik Chalimi (49), Desa Padurenan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus.Tampak beberapa karyawan menjahit kemeja hitam serupa. Menurut Chalimi, kemeja hitam tersebut merupakan dipesan dari Bali untuk upacara Ngaben.
jual kemeja padurenan kudus
Karyawan di konveksi Desa Padurenan, Kecamatan Gebog, Kudus, mengerjakan pesanan kemeja hitam untuk upacara Ngaben di Bali. Foto: Imam Arwindra

Dia mengaku, sejak tahun 1996 konveksinya sudah menjadi pemasok kemeja hitam yang digunakan untuk upacara Ngaben di Bali. “Minggu ini akan kirim baju lagi ke Bali. Selain seragam sekolah ada kemeja hitam untuk upacara Ngaben,” ungkapnya ketika ditemui di kediamannya, Selasa (10/5/2016) siang.

Chalimi menuturkan setiap pekan dia mengirim 300 kemeja hitam ke Bali. Angka tersebut terbilang kecil, karena jika permintaan stabil bisa sampai mencapai 1.000 pcs. “Pernah dulu ketika Ngaben massal bisa sampai 3.000 potong,” jelasnya.

Chalimi menjelaskan, dalam menjalankan usaha konveksinya itu dia dibantu Sembilan karyawan tetap dan enam orang karyawan lepas. Di Bali, dia mengaku memiliki tiga agen penjualan di Bali.

“Sebenarnya tidak hanya kemeja hitam untuk Ngaben saja. Kemeja putih untuk ke pure juga saya buat,” tambahnya.
jual seragam dan kemeja hitam di Kudus
Chalimi menata kemeja hitam pesanan dari Bali untuk upacara Ngaben. Foto: Imam Arwindra

Dia menjelaskan, orang-orang Bali sangat taat beribadah. Upacara Ngaben memakai kemeja hitam dan sarung. Begitu juga ketika mereka beibadah ke pure, mereka memakai kemeja putih.

Konveksi dengan nama merek dagang Maxthink dan CJDW milik Chalimi, selain membuat kemeja, juga memproduksi celana pendek. Dia menuturkan penjualannya tidak hanya di Bali, melainkan juga di sekitar Kudus. Sebagian besar kemeja-kemeja perusahaan dan organisasi yang terdapat tulisan bordir.

“Kami juga banyak menerima pesanan kemeja-kemeja dari perusahaan maupun organisasi yang biasanya (tulisan) dibordir. Rata-rata dari sekitar Kudus,” jelasnya.