Latest News

Perusahan di Kudus Inilah yang Mencetak Surat Suara Pilpres 2014

SEPUTAR KUDUS - PT Pura Barutama, Kudus.

SEPUTAR KUDUS - Siapa yang tak tahu perusahaan percetakan yang satu ini. Kebesaran namanya telah tersiar hingga seantero negeri, saat mencetak uang kertas beberapa tahun lalu. Perusahaan ini juga memenangkan banyak proyek pemerintah, antara lain pembuatan STNK, BPKB, ujian nasional, dan banyak lagi yang lain.

PT Pura Barutama, itulah nama perusahaan yang ada di Kudus yang mengerjakan sejumlah proyek milik pemerintah. Pada Pilpres 2014 ini, perusahaan yang terletak di Jalan R Agil Kusumadya, dan Jalan Kudus-Pati ini mencetak 13,5 juta kertas suara. Belasan juta kertas suara pilpres tersebut untuk pemilihan di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Seperti ditulis kantor berita Antara, kertas suara pilpres tersebut telah mulai dicetak pada 10 Juni 2014 lalu. Proses cetak yang dibutuhkan perusahaan skala internasional tersebut, selama delapan hari. Dan, jumlah pegawai yang terlibat dalam proses cetak sebanyak 600 pegawai.

Perusahaan tersebut juga berkewajiban untuk pendistribusian ke kedua provinsi tersebut. Distribusi kertas suara itu akan dimulai pada 14 Juni 2014 hingga 24 Juni 2014, atau selama 10 hari. Kertas suara tersebut akan didistribusikan ke masing-masing kota dan kabupaten di Aceh dan Sumatera Utara, melalui jalur darat dan udara. Untuk pendistribusiannya, PT Pura Barutama melibatkan 36 petugas keamanan.

Bisa dibayangkan bukan, betapa besar perusahaan ini, yang harus mengerahkan ratusan pegawainya untuk mencetak belasan juta kertas suara. Dan, proses yang dibutuhkan untuk mencetak hanya 10 hari.