Latest News

Enak Ya, Cuma Tukar Baju, Buku Bekas dan Nulis Status Dapat Pertalite Gratis dari Pertamina

SEPUTARKUDUS.COM, KEDUNGDOWO – Perempuan berkerudung hitam mewadahi pakaian bekas ke plastik di SPBU Jalan Kudus-Jepara, Kedungdowo, Kaliwungu, Kudus. Dia menata pakaian itu di atas meja. Pakai-pakaian bekas layak pakai tersebut menurut perempuan bernama Riche Dwi Prastyawati (18) itu, akan ditukarkan kupon gratis dua liter Pertalite pada promo peringatan ulang tahun Pertamina ke-59.
SPBU Kedungdowo Kudus
Petugas SPBU Kedungdowo Kudus, menunjukkan kupon Pertalite gratis hasil penukaran pakaian layak pakai. Foto: Imam Arwindra


Kepada Seputarkudus.com, Riche mengaku mengetahui promo Bebagi Tak Pernah Rugi melalui sosial media. Menurutnya, kesempatan tersebut tidak akan dilewatkan karena dirinya akan mendapatkan Pertalite gratis dengan hanya menukarkan lima pakaian bekas atau lima buku bacaan saja. 

“Beramal sekaligus mendapat Pertalite cuma-cuma. Ini saya datang dengan mbak saya dan membawa 10 baju bekas. Jadi kami dapat empat liter Pertalite,” ungkapnya saat ditemui setelah mencatatkan namanya di daftar penerima kupon.

Riche yang masih kuliah semester satu Jurusan Usuludin STAIN Kudus menuturkan, dia memilih pakaian bekas karena banyak pakaian yang tidak terpakai di rumahnya. Menurutnya, pakaian-pakaian tersebut akan disumbangkan ke yayasan, panti asuhan, dan yang membutuhkan sesuai ketentuan progam dari Pertamina. Dia tidak menukarkan buku untuk mendapatkan kupon karena buku yang ditukarkan harus berupa buku cerita dan buku pengetahuan. Buku pelajaran tidak diperbolehkan. 




“Selain menukarkan buku dan pakaian bekas layak pakai sebenarnya juga ada promo Cerita Cinta Pertamina. Saya hanya membuat status melalui sosial media setelah itu dapat Pertalite dua liter. Enak ya,” jelasnya sambil tersenyum.

Pengawas SPBU 44.593.13 Kedungdowo, Ahmad Shiddiq menuturkan promo Berbagi Tak Pernah Rugi dan Cerita Cinta Pertamina memang diadakan untuk memperingati hari ulang tahun Pertamina yang ke-59. Masyarakat yang ingin mengikuti promo gratis dua liter hanya diminta menukarkan lima buku bekas dan lima pakaian bekas layak pakai. Selain itu, juga bisa dengan membuat status di akun sosial media tentang kecintaan atau pengalaman menyenangkan menggunakan produk Pertamina.

Menurutnya, promo ini diadakan di seluruh SPBU Pertalite di Indonesia yang bertanda khusus. Namun sayang progam ini hanya diberikan hanya satu hari pada 10 Desember 2016. Waktunya pun dibatasi hanya pukul 08.00 - 10.00 dan 16.00 – 18.00 saja. “Jadi hanya empat jam dalam sehari saja,” tuturnya.

Di SPBU yang diawasinya, sampai waktu yang ditentukan hanya ada 40 peserta yang mengikuti promo tersebut. Menurutnya, setiap SPBU diberikan kuota 200 kupon dengan rincian promo Berbagi Tak Pernah Rugi 100 kupon dan Cerita Cinta Pertamina 100 kupon. Menurutnya, jika setiap kuponnya ditukarkan dua liter Pertalite, terdapat 400 liter Pertalite yang disediakan. “Kalau hanya 40 kupon yang dipergunakan, berarti ya masih sisa 320 liter,” jelasnya.

Sedikitnya masyarakat yang mengikuti promo gratis dua liter Pertalite menurutnya karena informasi yang diberikan kurang. Dikatakan, pihaknya mendapatkan informasi tersebut dari Pertamina memang mendadak, yakni sepekan sebelum hari pelaksanaan. Menurutnya, dirinya sudah berupaya menginformasikan lewat sosial media dan memasang mengumuman di SPBU. 

"Namun lagi-lagi yang mengetahui masih sedikit. Untuk di SPBU di Kudus yang mengikuti promo ini hanya sembilan SPBU dari 18 SPBU yang ada,” tambahnya.

Dia membandingkan, promo Pertalite dari Pertamina yang ramai ketika 17 Agustus 2016 lalu. Menurutnya, saat itu masyarakat diminta menghafalkan teks proklamasi, pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dan Pancasila. Setiap poinnya mendapatkan satu liter Pertalite. Waktu yang diberikan pun seharian penuh. “200 liter Pertalite habis dengan cepat,” terangnya.