Latest News

Pengunjung Bisa Rasakan Sensasi Menikmati Kopi Japan di Atas Batuan Besar Muara Air Terjun Kedung Gender

SEPUTARKUDUS.COM, DUKUHWARINGIN - Ratusan pohon bambu tumbuh di kawasan air terjun Kedung Gender, Desa Dukuhwaringin, Kecamatan Dawe, Kudus. Jarak lokasi sekitar satu kilometer dari pemberhentian bus dan pangkalan ojek Makam Sunan Muria. Di tengah rimbunan pohon bambu, air mengalir melaului sela-sela batu besar di sungai. Tampak beberapa orang duduk bersantai di atas batu-batu besar sambil menikmati segelas kopi dan camilan.
menikmati kopi di air terjun kedung gender kudus
Sejumlah pengunjung air terjun Kedung Gender, Desa Dukuhwaringin, Kecamatan Dawe, Kudus, menikmati kompi di bebatuan besar di muara air terjun. Foto: Imam Arwindra


Kebun bambu tersebut, menurut pengelola wisata air terjun Kedung Gender, Hasanudin (37), milik warga Desa Dukuhwaringin. Pohon bambu dibiarkan tumbuh untuk menambah suasana asri lokasi wisata. Dia menuturkan, pengunjung dapat bersantai dengan duduk di atas batu sambil menikmati Kopi Japan dan camilan. 

"Pengunjung dapat bersantai sambil ngopi di tengah kebun bambu," ungkapnya saat ditemui di air terjun Kedung Gender, belum lama ini.

Kepada Seputarkudus.com, dia menjelaskan, pohon bambu di lokasi tersebut berjenis bambu petung yang berukuran besar dan tinggi. Bambu sengaja dibiarkan tumbuh lebat untuk menambah keindahan wisata Kedung Gender. Bagi para pengunjung, pengelola memberikan akses masuk gratis. Pengelola hanya memberikan restribusi parkir Rp 3 ribu yang digunakan untuk pembangunan jalan. "Tapi untuk makan dan minum bayar sendiri loh ya. Harganya dibawah Rp 5 ribu semua," jelas sambil tersenyum.

Menurutnya, restribusi parkir digunakan untuk membangun akses jalan masuk menuju lokasi air terjun. Pembangunan jalan dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat Desa Dukuhwaringin dan pemuda yang tergabung dalam Organisasi Pemuda Talang Wesi (Opsi). 

Dia memberitahukan, saat ini pihaknya sedang membangun akses jalan yang lebih dekat untuk menuju air terjun. Dengan jalan baru ini pengunjung akan bisa memperpendek jarak sekitar 200 meter dibanding akses jalan yang kini tersedia. "Untuk jalan yang sudah ada memutar. Ini sedang kami buatkan jalan supaya lebih dekat," terangnya.
wisata air terjun kedung gender


Wakil Ketua Opsi itu juga menuturkan, selain menikmati kebun bambu dan air terjun Kedung Gender, pengunjung juga bisa membawa oleh-oleh berupa kaus. Kaus tersebut dijualnya dengan harga Rp 30 ribu hingga Rp 45 ribu. " Untuk baju ukuran anak-anak cukup Rp 30 ribu, terangnya.

Menurutnya, objek wisata yang baru dibuka secara umum mulai 26 Agustus 2016 itu akan terus dikembangkan menjadi tempat wisata yang nyaman. Dia mengungkapkan, saat ini setiap hari terdapat pemuda Opsi di lokasi wisata yang siap membantu pengunjung jika memerlukan bantuan. " Ini upaya supaya pengunjung benar-benar nyaman," tambahnya.