Latest News

Meski Belum Lulus, Siswa SMK Assa'idiyyah 2 Kudus Sudah Berani Terima Order Jasa Boga

SEPUTARKUDUS.COM, UMK – Sejumlah siswa terlihat berdiri disamping hidanganan plasmanan selatan Masjid Darul Ilmi Universitas Muria Kudus (UMK) belum lama ini. Bak koki profesional yang mengenakan pakaian ala chef,  mereka melayani peserta pada sebuah acara. Mereka yakni para siswa SMK Assa'idiyyah 2 Kudus Jurusan Tata Boga.
SMK ASSAIDIYAH 2 KUDUS TATA BOGA
Siswa SMK Assa'idiyah 2 Kudus Jurusan Tata Boga. Foto: Imam Arwindra


Naelis Saadah, Wakil Kepala (Waka) Kesiswaan SMK Assa'idiyyah 2 Kudus menuturkan, kegiatan yang dilakukannya termasuk bagian dari proses pembelajaran siswa Jurusan Tata Boga. Menurutnya, mereka tidak hanya belajar akademik, melainkan juga mengolah skill agar teori yang diberikan langsung dipratikkan. 

“Ini siswa kami sedang menyiapkan makanan prasmanan untuk peserta. Jadi nanti uang yang didapat dari kegiatan akan diberikan kepada siswa dalam bentuk tabungan,” ungkapnya saat ditemui di selatan Masjid Darul Ilmi UMK.

Dia menjelaskan, tabungan tersebut bisa diambil siswa ketika sudah lulus. Menurutnya, uang yang didapat dari kegiatan praktik bisa dipergunakan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi atau membuka usaha kuliner. “Siswa SMK Assa'idiyyah 2 sudah siap untuk terjun di lapangan. Mereka sudah mampu menyediakan masakan Nusantara ataupun Barat,” terang dia yang memakai kerudung merah.


Menurut Naelis, pihaknya sedang membuat bisnis center dan resto. Selain itu pihaknya juga menerima pesanan katering, prasmanan dan kue kering. Proses pemilihan bahan dan pengolahan semua dilakukan siswa, namun tetap dipantau guru pembimbing. “Ini saya bersama Bu Diah Farida Sari memantau aktivitas siswa,” ungkapnya sambil menunjuk perempuan berkrudung ungu.

Harga yang diberikan bagi pemesan katering menurut Naelis cukup terjangkau, namun pelayanan yang diberikan maksimal. “Untuk harga pokoknya di bawah jauh Rp 5 juta. Intinya kami mengikuti budget dan jenis makanan yang diminta,” tambahnya.

Kepada Seputarkudus.com Naelis menerangkan, sebenarnya SMK Assa'idiyyah 2 baru berjalan dua tahun. Jumlah siswa kelas X sebanyak 34 siswa, dan kelas XI sebanyak 20 siswa. Selain Jurusan Tata Boga, SMK Assa'idiyyah 2 juga membuka Jurusan Tata Busana. “Kelas X Tata Busana ada 32 siswa dan kelas XI ada 16 siswa,” tambahnya.