Latest News

Wow, 'Bung Karno' Hadir di Acara Mlaku Bareng Kang Mus di Pasar Kliwon

SEPUTARKUDUS.COM, PASAR KLIWON – Dari arah timur Pasar Kliwon, Kudus, dua orang menuntun sepeda menyita perhatian banyak orang. Penampilan satu di antaranya tampak tak biasa, karena mengenakan pakaian mirip Bung Karno, lengkap dengan peci dan kaca mata hitam. Penampilan mereka menjadi pemandangan tak biasa di antara ratusan pedagang Pasar Kliwon yang akan mengikuti acara Mlaku Bareng Kangmus, Minggu (4/9/2016).
Bung Karno Jalan Sehat di Kudus
Pengguna sepeda mengenakan pakaian ala Bung Karno pada acara Mlaku Bareng Kang Mus, di Pasar Kliwon. Foto: Imam Arwindra
Dia terus melaju dengan sepeda onthelnya didampingi seorang yang mengenakan seragam hijau menuju titik start acara yang digelar memperingati Kemerdekaan Indonesia ke-71 tersebut. Lelaki yang mengenakan pakaian ala Soekarno itu, yakni Sulikan (47). Dia mengaku berpenampilan seperti Bapak Proklamasi karena kagum dengan perjuangan dan dedikasinya terhadap negara.

Menurutnya, dalam momen peringatan kemerdekaan yang diadakan oleh Himpunan Pedagang Pasar Kliwon (HPPK) tersebut, dirinya ingin ikut berpartisipasi bersama pedagang Pasar Kliwon. “Saya ingin berpartisipasi dalam peringatan kemerdekaan ini,” ungkap dia dengan suaranya tegasnya.

Bersama Ato (50) laki-laki yang memakai seragam hijau, Sulikan menampilkan seorang Soekarno yang sedang dikawal oleh ajudannya untuk menemui rakyatnya. Mereka yang tergabung dalam komunitas Ontho-Ontho Thok (OOT) menuturkan, jenis sepeda yang dibawa Sulikan yakni jenis Simplex dan Ato berjenis Rally. Menurutnya, bersama komunitasnya mereka mengoleksi sepeda-sepeda tua supaya tidak punah.
Acara Mlaku Bareng Kang Mus
Dalam kegiatan Mlaku Bareng Kang Mus, terlihat ratusan pedagang dengan baju aneka ragam berkumpul di lapangan parkir depan Pasar Kliwon. Terdengar suara tabuhan drum band dan barongsai menambah keramaian kegiatan. Berjejer motor, kulkas dan sepeda di panggung utama yang menurut Sulistiyanto, Ketua HPPK, yakni hadiah dorprize untuk peserta jalan sehat yang beruntung.

Menurutnya, dalam kegiatan yang diselenggarannya, pihaknya ingin mengajak para pedagang untuk tetap menjaga silaturahmi dan menghiraukan isu-isu yang negatif yang berkembang. Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kudus akan menjamin keberadaan Pasar Kliwon. “Pasar Kliwon akan terus ada sampai anak cucu kita,” tutur dia dalam kegiatan yang bertajuk Wong Pasar Kliwon Bersama Bupati Kudus Menuju Jawa Tengah Sejahtera.

Bupati Kudus Musthofa yang hadir menuturkan, para pengusaha di Kliwon tidak usah hawatir karena Pasar Kliwon akan terus ada sampai anak cucu. Menurutnya, keberadaan Pasar Kliwon perannya sangat dibutuhkan khususnya untuk mengantarkan anak-anak lebih baik. “Aturan-aturan tidak usah terlalu dihiraukan, yang penting jualan beres dan persaudaraan harus tetap utuh,” ungkapnya.