Latest News

KNPI Kudus 'Bermimpi' Punya Gedung Pemuda untuk Wadahi Semua OKP di Kudus

SEPUTARKUDUS.COM, MLATI KIDUL – Sejumlah pekerja terlihat mengecat dinding lantai satu gedung di Jalan Gor Kelurahan Mlati Kidul, Kecamatan Kota, Kudus. Dinding yang semula berwarna kuning, dirubahnya menjadi biru. Bangunan dua lantai yang di depannya masih tertulis SD 3 Mlati Kidul itu, sekarang dipergunakan untuk kantor Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kudus.
kantor KNPI Kudus
Bekas bangunan SD 3 Mlati Kidul digunakan untuk kantor KNPI Kudus. Foto: Imam Arwindra

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) KNPI Kudus Amir Faishol menuturkan, sebelum pindah ke SD 3 Mlati Kidul, kantor KNPI sebelumnya berada di barat GOR Wergu Wetan. Namun ada proyek pelebaran GOR akhirnya dipindah di SD 3 Mlati Kidul yang sudah tutup. 

“Sebenarnya kami punya gagasan untuk membuat Gedung Pemuda. Nanti tidak hanya untuk kantor KNPI saja, melainkan seluruh organisasi kepemudaan (OKP) di Kudus,” tutur dia saat ditemui di kantor KNPI bekas SD 3 Mlati Kidul belum lama ini.

Kepada Seputarkudus.com, Faishol menuturkan sebelum pindah ke SD 3 Mlati Kidul, pihaknya menghendaki bangunan bekas kantor Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kudus untuk dijadikan kantor. Namun dari Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Kudus akhirnya memberikan bangunan bekas SD 3 Mlati Kidul. 

“Kami sudah mengajukan ke Aset Daerah (DPPKAD) dan ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Kudus, karena KNPI di bawahnya,” tambahnya.

Menurutnya, tidak lama lagi kantor KNPI akan pindah lagi. Namun belum tahu akan dipindah kemana. Oleh karena itu pihaknya mengusulkan untuk dibuatkannya kantor tetap, karena KNPI juga perannya cukup penting dalam kepemudaan di Kudus. 

“Semoga sebelum Pak Musthofa purna, gagasan baik ini bisa tercapai,” ungkapnya sambil membersihkan ruangan bersama empat pengurus lainnya.

Faishol menjelaskan, KNPI merupakan wadah organisasi kepemudaan yang fungsinya untuk menghimpun seluruh organisasi kepemudaan. KNPI dicetuskan di Indonesia tanggal 23 Juli 1973 dengan landasan kesadaran tanggung jawab pemuda Indonesia. Lahirnya KNPI juga untuk menindaklanjuti isi pesan Sumpah Pemuda. “Di Kudus KNPI menghimpun 23 organisasi kepemudaan (OKP) dan sembilan pengurus KNPI tingkat kecamatan,” terangnya.

Mantan Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Kudus 2009/2010 itu menyebutkan, OKP yang dihimpun KNPI di antaranya, PMII, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU/IPPNU), Gerakan Pemuda Ansor, Fatayat NU, dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dan lain sebagainya.

Sementara itu, Mustaghfirin yang juga Pengurus DPD KNPI Kudus menuturkan, gagasan membuat Gedung Pemuda sangat bagus. Itu karena KNPI membutuhkan gedung tetap untuk menjalankan roda organisasi. Selain itu, KNPI juga sekaligus memfasilitasi seluruh OKP yang ada di Kudus untuk mempunyai kantor atau basecamp. “Jadi nanti modelnya ada ruang aula untuk kegiatan dan kantor untuk OKP. Mungkin tempatnya bisa di dekat GOR,” tuturnya.