Latest News

Suasan Ruang Auditorium UMK Berubah Tegang, Mahasiswa FE Berteriak Histeris

SEPUTARKUDUS.COM, UMK - Suasana Auditorium Universitas Muria Kudus (UMK), Kamis (19/5/2016), tampak tegang. Sesekali mereka berlari, berteriak dan histeris. Itu terjadi saat mereka, mahasiswa Fakultas Ekonomi UMK, salah memberi jawaban. Mereka mengikuti permainan dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-36 fakultas tersebut.
mahasiswa fakultas ekonomi umk
Sejumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi mengikuti permainan dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis fakultas, di Auditorium UMK. Foto: Imam Arwindra

Terdengar dua orang secara bergantian membacakan pertanyaan seputar ekonomi. Setelah pertanyaan selesai, 40 peserta yang mengenakan batik duduk berbaris menuliskan jawaban di papan yang mereka pegang.

Setelah jawaban ditulis, tiba-tiba beberapa orang keluar dari ruangan. Menurut Tantra Rian Agustan (20), Ketua Panitia Lomba Cerdas Cermat yang diadakan BEM Ekonomi UMK, mereka keluar karena salah memberi jawaban.

Dia menuturkan, pertanyaan cerdas cermat ini sebagian besar terkait materi kuliah di Fakultas Ekonomi. Agar lebih lengkap, panitia juga menambahkan pertanyaan wawasan umum. “Kami (BEM Ekonomi) ingin mengulas materi akademik yang diajarkan. Ya sekaligus ingin menguji kemampuan mahasiswa,” ujar Tantra kepada Seputarkudus.com.

Dia menjelaskan, peserta yang mengikuti lomba yakni mahasiswa Fakultas Ekonomi berjumlah 40 orang. Sebanyak 20 mahasiswa dari Progam Studi Manajemen dan sisanya dari Akuntansi. “Mereka rata-rata duduk di semester dua,” ungkap Tantra mahasiswa Manajemen semester 6.

Tantra menuturkan, lomba ini mengadopsi progam sebuah program televisi swasta bernama Ranking 1. Terdapat lima sesi pertandingan, empat di antaranya menggunakan sistem gugur dan yang terakhir menggunakan sistem poin. “Nanti akan tinggal dua orang yang akan diadu. Pemenangnya yang mendapatkan poin tertinggi,” jelasnya.
Sutopo, Gubernur Mahasiswa BEM Ekonomi UMK menambahkan, kegiatan ini untuk mengasah intelektual mahasiswa Ekonomi UMK. Materi-materi yang diberikan panitia pun seputar materi akademik mereka di Ekonomi.

“Materinya seputar materi akademik yang mereka terima saat kuliah. Semoga bisa membantu mengingat sebentar lagi akan ada ujian semester,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, kegiatan lomba tersebut merupakan bagian dari kegiatan perayaah Dies Natalis Fakultas Ekonomi ke-36. Selain seminar nasional dan standup commedy yang di hadiri Dodit Mulyanto, dia merasa perlu membuatkan kegiatan khusus mahasiswa. (Baca juga: Dodit Mulyanto Siap Kocok Perut Penggemarnya di UMK pada 4 Juni 2016)

“Kemarin seminar nasional sudah terselenggara. Hari ini lomba cerdas cermat dan standup commedy tanggal 4 Juni 2016 medatang,” ungkapnya.