Latest News

Jalan Mangga Gang 4 Kudus, Tempat Berburu Jajan Pasar Enak dan Murah

SEPUTARKUDUS.COM, PANJUNAN - Tersisa sekitar 10 penjual jajanan tradisional pukul 08.00 WIB masih berjualan di sisi Jalan Mangga (Gang Papat), Kelurahan Panjunan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus. Mereka duduk di balik gerobak yang berisi aneka makanan kecil yang biasa digunakan untuk kotak snack. Sambil menunggu pembeli datang, mereka mengobrol dengan penjual lainnya.
penjual snack di gang 4 kudus
Warga membeli jajanan pasar di Gang 4, Jalan Mangga, Kelurahan Panjunan, Kota, Kudus. Foto Imam Arwindra

Umi Athiyah (47), pedagang makanan kecil di Gang 4 Kudus menuturkan, dia dan pedagang lainnya mulai berjualan pukul 04.00 WIB. Pedagang yang berjualan ada lebih dari 100 orang.

“Ramainya mulai Pukul 04.00 pagi. Kalau Pukul 08.00 seperti sekarang sudah tidak ramai lagi,” kata Umi kepada Seputarkudus.com, Rabu (18/5/2016).

Dia menuturkan, pedagang yang berjualan datang dari Loram, Panjunan, dan Ploso. “Yang jualan orang Kudus. Namun yang membeli banyak dari luar Kudus. Semarang pun ada,” ungkap Umi, pedagang yang berasal dari Desa Ploso, Kecamatan Jati.
jual snack gang 4 kudus
Sejumlah penjual jajanan pasar menunggu pembeli di Gang 4 Jalan Mangga, Kecamatan Kota, Kudus. Foto: Imam Arwindra

Dia menjelaskan, setelah subuh lokasi di Jalan Mangga seperti pasar. Ratusan orang berdagangan untuk membeli jajanan tradisional yang akan mereka jual lagi.

Jajanan yang dijual, katanya, ada lebih dari 100 jenis. Beberapa jajanan di antaranya apem, arem-arem, agar-agar, bolu kukus, dadar gulung, risoles, bugis, cucur, kroket, kue lapis, lepet Jagung, dan masih banyak lainnya. “Rata-rata setiap jajan dijual antara Rp 1.000 hingga Rp 1.500,” tambahnya.

Dalam sehari dia mengaku mampu menjual 1.500 jajan. Omzet yang diterimanya mencapai Rp 700 ribu per hari. “Kalau pas hari libur atau masuk bulan puasa bisa 2 ribu lebih jajanan yang terjual,” tambah umi. 

Umi menceritakan, dirinya mulai berdagang sejakl tahun 1984. Jajanan yang dia jual disetok dari orang lain. Dia hanya membuat bolu kukus.