Latest News

Puluhan Ribu Orang Beri Penghormatan Terakhir kepada KH Ahmad Basyir

SEPUTAR KUDUS - Puluhan ribu orang memberikan
penghormatan terakhir kepada KH Ahmad Basyir.
SEPUTAR KUDUS - Mendung tipis menyelimuti Kota Kudus, pemakaman seorang ulama besar, KH Ahmad Basyir, Selasa (18/3/2014). Puluhan ribu orang dari berbagai daerah datang untuk memberi penghormatan terakhir kepada Sang Kiai kharismatik dan dikenal hangat oleh masyarakat Kudus itu.

Mbah Basyir, begitu almarhum disebut, dimakamkan di komplek pemakaman Kauman, tak jauh dari kediamannya, Jalan Sewonegoro, Desa Jekulo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Sejumlah ulama dari sejumlah daerah juga datang memberikan penghormatan. Mereka di antaranya, KH Sya'roni Ahmadi, Habib Umar Muthohar, KH Ulin Nuha Arwani, KH Ulil Albab Arwani, dan Ketua MUI Kudus KH Syafiq Nashan.

Masyarakat yang datang, silih berganti menyolatkan almarhum di kediamannya. Sejumlah anggota Banser Kudus, sibuk mengatur di sekitar kediaman almarhum, karena banyaknya masyarakat yang ingin menyolatkan. Bahkan, saking banyaknya masyarakat yang datang, Jalan Sewonegoro penuh sesak.

Berdasarkan keterangan sejumlah santri, KH Ahmad Basyir meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit Islam (RSI) Sunan Kudus. Beberapa bulan terakhir, ayahanda KH Ahmad Badawi itu mengalami gangguan kesehatan. Almarhum meninggal dalam usia 90 tahun, dan meninggalkan seorang istri, 9 anak, dan 23 cucu. (Mase Adi Wibowo)