Latest News

Wah Ternyata Komandan Upacara HUT ke-70 RI di Istana Negara Orang Kudus

SEPUTARKUDUS.COM - Setiap tahun perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan hal yang spesial. Upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara merupakan acara yang ditunggu-tunggu seluruh warga melalui televisi. Namun siapa sangka, pada perayaan HUT ke-70 RI kali ini, Senin (17 Agustus 2015) upacara tersebut dikomandoi oleh warga Kudus. Namanya Kolonel (Mar) Umar Farouq.

Dia bertugas sebagai komandan upacara penaikan bendera pada upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara pada peringatan HUT RI tahun ini. Dalam upacara tersebut, sebagai Inspektur Upacara yakni Presiden RI Joko Widodo. Hadir dalam upacara tersebut sejumlah pejabat negara dan tamu undangan.

Umar Farouq terpilih menjadi komandan upacara setelah proses seleksi beberapa perwira di lingkungan TNI/Polri. Dia berhasil menyingkirkan sejumlah nama berpangkat kolonel. Untuk menjadi komandan upacara dalam peringatan sakral itu tentu bukan sesuatu yang mudah, karena harus memiliki kemampuan dan kapsaitas yang mumpuni.

Umar Farouq lahir di Kudus pada 13 September 1969. Dia merupakan jebolan Akademi Angkatan Laut (AAL) pada 1993. Saat ini dirinya menjabat sebagai Kepala Departemen Marinis (Kadepmar) di lingkungan Akademi Angkatan Laut (AAL).

Warga Kudus tentu sangat berbangga hati karena putra terbaiknya dipercaya mengemban amanah sebagai komandan upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Ngera. Upacara tersebut disaksikan berjuta pasang mata di seluruh wilayah Indonesia melalui layar kaca.