Latest News

Sensasi Segar Di Terminal Es di Kabupaten Kudus

Sajian es campur di Terminal Es, Jalan Lingkar Utara Panjang, kilometer 1, Kabupaten Kudus.
KUDUS-Terminal Es, warung sederhana yang terletak di kilometer 1 Jalan Lingkar Utara Panjang, Kudus, menyediakan berbagai macam minuman es untuk melepas penat dan menikmati sensasi segar dan dinginnya. Di warung yang buka mulai pukul 10.00 hingga pukul 21.00 tersebut tampak ramai dan belasan meja terlihat penuh setiap harinya, terlebih saat akhir pekan.

Tak hanya remaja, namun juga kalangan dewasa yang sering datang bersama keluarga. Di sana pengunjung dimanjakan dengan puluhan menu es yang menyegargan, di antaranya es campur, es teller, es klamud, sub buah dan berbagai macam es jus yang dapat dipesan beberapa menit saja.

Pengunjung tinggal menunjuk menu yang telah disediakan dan tampak dalam sebuah lemari kaca yang berjajar berbagai buah segar, serta dapat melihat secara langsung pembuatannya, mulai dari proses pengupasan buah hingga proses penyajiannya.

Menurut pengelola Teminal Es, Agus setiawan (30) menu favorit yang sering diminta pengunjung adalah es campur dan sub buah. Ia tidak mematok harga yang mahal pada kedua menu favorit tersebut, pengunjung hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp 3.000 saja untuk dapat menikmati segarnya kedua menu tersebut. Untuk menu lain, pengunjung hanya cukup menyiapkan uang dari Rp 1.500 hingga Rp 4.000 saja untuk berbagai sajian es jus yang beraneka macam rasa buah dan yang mix dengan susu dan krim.

Agus mengungkapkan di warung sederhananya tersebut dalam satu hari dapat menghabiskan 5 balok es saat ramai dan saat sepi ia menghabiskan sekitar 3 balok es. Jika dihitung jumlah gelas dalam sajian aneka ragam es yang terjual warung tersebut dapat menyajikan ratusan gelas dalam satu hari.


"Kami tidak bisa menghitung berapa gelas setiap harinya, tapi yang jelas ada ratusan" katanya. Warung tersebut sangat ramai oelh pengunjung tidak hanya siang hari saat cuaca terasa panas, namun juga malam hari yang juga dipadati pengunjung.

Terminal Es yang telah ada sejak tahun 1971 tersebut merupakan nama warung es yang cukup dikenal masyarakat Kudus, tak hanya dapat ditemui di Jalan Lingkar Utara, namun juga di tempat lain. Menurut Agus Terminal Es mempunyai 6 cabang yang tersebar di seluruh Kudus, di antaranya di Kompleks Gedung Olahraga (Gor) Wergu Wetan Kudus yang juga ramai dikunjungi pelanggan setia. Agus menambahkan di Jalan Lingkar Utara saja, Terminal Es mempunyai 20 karyawan, yang terdiri dari pembuat sajian puluhan menu es, penyaji hingga petugas kebersihan.

"Setiap hari mereka bekerja selama 11 jam, namun karena semua pekerjaan dilakukan bersama dengan penuh semangat dan kekeluargaan hal tersebut tidak menjadi masalah" tuturnya.

Demi untuk melayani pelanggan setianya, Agus menjelaskan Terminal Es tidak mengenal libur. Pasalnya warungnya tersebut selalu ramai didatangi pelanggan baik hari libur maupun hari-hari biasa. Namun menghilangkan penat karyawan pihaknya meberikan libur untuk seluruh karyawan dua minggu sekali di hari Rabu.

"Hari Rabu kami pilih dengan alasan di hari tersebut pelanggan tidak pegitu banyak dibanding dengan akhir pekan" ujarnya.

Selain berbagai menu es, Terminal Es juga menyediakan menu makanan untuk bisa dipesan. Diantaranya mie ayam, bakso, mie jamur, sup jamur, nasi goreng dan nasi rawut. Harga yang ditetapkan cukup murah, yakni Rp 4.000 hingga Rp 9.000. (Suwoko)